Membuat Soal Interaktif dengan Hot Potatoes

Membuat Soal Interaktif Menggunakan Hot Potatoes

Hot Potatoes, dilihat dari namanya memang seperti sangat enak untuk dimakan. Namun bukan itu, Hot Potatoes merupakan software yang dibuat oleh Research and Development Team at the University of Victoria Humanities Computing and Media Centre digunakan untuk membuat kuis interaktif dalam format HTML (Hypertext Markup Language).

Untuk penggunaannya cukup mudah, Anda tidak perlu pengetahuan mengenai HTML ataupun javascript. Kita hanya perlu memasukkan data soal, kunci jawabannya dan feedback (kalau diperlukan) selanjutnya program akan membuat tampilannya dalam bentuk halaman web. Bagi yang mengerti tentang HTML dan javascript, Anda dapat melakukan kostumasi lebih lanjut lagi karena source code-nya juga diberikan. Apa saja yang bisa dilakukan dengan software ini ?Dengan software ini kita dapat membuat berbagai format kuis. Pada versi 6.0 keatas ada lima menu utama yaitu : JQuiz, JMix, JCross, JMatch dan JCloze.

Membuat Soal Interaktif dengan Hot Potatoes

Membuat Soal Interaktif dengan Hot Potatoes

JQuiz

Merupakan penggabungan dari JQuiz dan JBC yang ada di versi sebelumnya. Dengan JQuiz kita dapat membuat:

  1. Soal pilihan ganda (Multiple Choice Questions) dengan jumlah item yang dapat kita atur sendiri.
  2. Soal isian singkat (Short Answer Question)yang menyediakan kotak teks sebagai tempat mengetik jawaban soal.
  3. Soal gabungan dari pilihan ganda dan isian singkat (hybrid question), yaitu soal yang harus dijawab dengan mengisi kotak teks tetapi bila jawaban pertama salah maka muncul pilihan jawabannya.
  4. Soal pilihan ganda majemuk (multi-select question), yaitu soal dengan pilihan jawaban lebih dari satu.

JMix

Ini cocok untuk membuat soal bahasa, yaitu untuk membuat kuis dalam bentuk acak kata (jumble word) dan acak kalimat (jumble sentence). Seperti menyusun kata dengan menggunakan huruf yang tidak beraturan letaknya (misal: r k t u m o e p disusun menjadi kata komputer). Untuk menyusunnya bisa dengan meng-klik hurufnya secara berurutan atau menarik dan menyusun hurufnya (drop and drag).

JCross

Digunakan untuk membuat teka teki silang. Hanya dengan menginput jawaban secara berurutan dan mengklik perintah “manage grid” maka soal TTS kita sudah jadi bentuknya, tinggal memasukkan “clue” untuk masing-masing jawaban.

JMatch

Dari namanya bisa ditebak kalau menu ini adalah untuk membuat soal menjodohkan. Caranya juga mudah. Masukkan kata-kata untuk bagian sebelah kiri dan pasangannya di sebelah kanan dan program akan otomatis mengacak urutannya saat kita menekat perintah “create web page”.

JCloze

Nah yang terakhir ini untuk membuat soal melengkapi kalimat. Untuk membuatnya kita harus memasukkan kalimat atau paragraf yang lengkap. Tandai bagian yang akan dikosongkan dengan perintah gap, maka ketika sudah jadi akan ada bagian kosong ditengah kalimat yang harus diisi siswa.

Nah ini baru pengenalan dengan fasilitas di Hot Potatoes. Cara pembuatan kuisnya akan dibahas satu persatu. Sebenarnya ada fasilitas satu lagi yaitu The Masher yang merupakan fasilitas untuk menggabungkan berbagai kuis yang sudah kita buat. Untuk yang gratisan fasilitas ini hanya dapat menggabungkan tiga kuis, kalau mau tidak terbatas harus membeli lisensi. Begitu juga kalau kita akan membuat kuis dengan tujuan komersil diminta untuk membayar, tapi hebatnya pembayaran lisensi software ini digunakan untuk kegiatan sosial.

Kalau untuk keperluan pendidikan dan non-komersil maka Hot Potatoes dapat digunakan secara gratis, tapi jangan lupa untuk register supaya tidak dibatasi jumlah soal yang dibuat (kalau tidak register dibatasi hanya bisa membuat 3 soal per kuisnya).

Berlanjut ke artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>