Kurikulum Baru : Pelajaran SMP Berkurang 2 Mata Pelajaran

Diberlakukannya Kurikulum 2013 ternyata berdampak pada pengurangan Mata Pelajaran, meskipun Menteri Pendidikan, Muhammad Nuh belum memastikan pengurangan mata pelajaran ini. Khususnya untuk tingkat SMP, mata pelajaran sekolah menengah pertama pada kurikulum 2013 akan dikurangi dari semula 12 menjadi 10 mata pelajaran. Sepuluh mata pelajaran itu meliputi Agama, Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Seni Budaya dan Muatan Lokal, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, dan Prakarya.

Kurikulum 2013 - Pengurangan Jam Pelajaran

Untuk tingkat SD, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengurangi jumlah mata pelajaran sekolah dasar pada kurikulum tahun depan. Siswa hanya mendapat enam mata pelajaran yakni matematika, Bahasa Indonesia, Agama, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan Kesenian. IPA dan IPS menjadi tematik di pelajaran lain.

Meski berkurang, kurikulum baru menambah panjangnya jam pelajaran. Untuk SD kelas 1 dari 26 jam perminggu menjadi 30 jam pelajaran, kelas 2 dari 27 jam menjadi 32 jam, kelas 3 dari 28 jam menjadi 34 jam, sementara kelas 4, 5, dan 6, dari 32 menjadi 36 jam perminggu.

Kurikulum pendidikan baru akan diterapkan pada tahun ajaran 2013/2014. Namun kurikulum ini akan mulai berlaku untuk kelas 1 dan 4 sekolah dasar, VII SMP dan X SMA, sedangkan lainnya bertahap. Alasanya, karena kelas yang lebih tinggi sedang mempersiapkan ujian nasional.

Terima Kasih.

One thought on “Kurikulum Baru : Pelajaran SMP Berkurang 2 Mata Pelajaran”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>